Cek Kosmetik Original dan Fake dengan Website dan Aplikasi Ini !

by - December 05, 2018

Maraknya beragam jenis kosmetik baik Lokal maupun Import tentu saja membuat para kaum hawa senang bukan main. Hari ini beli lipstik pink, besok merah, besoknya ungu, dan seterusnya sampai stok berlusin-lusin dan tetep masih beli lagi. Namanya juga wanita yah, memang agak sulit sih rem hasrat yang kayak gini. Apalagi sekarang banyak banget produk kosmetik dengan harga terjangkau, yang pastinya jadi inceran para buibu rumah tangga sepertiku. Gimana enggak, seneng donk kalau bisa jajan kosmetik murah meriah, popok anak jadi nggak terbengkalai kan?
Yang jadi masalah, dengan harga murah itu, kamu dapat kosmetik yang ori atau fake? Hayoo darling, be smart loh! Karena jaman sekarang banyak sekali seller nakal yang cuma cari untung tanpa peduli dengan konsumennya.


Kalau seller yang jual kosmetik secara lusinan, kiloan, yah udah bisa dipastikan itu seller nggak bener yah. Mana ada juga lipstik MAC dijual selusin cuma 120 ribu gitu. Terus krim-krim pemutih instan 10 ribuan, body lotion segede gaban 15 ribuan, aduh pusing duluan mikirin itu isinya bahan apa coba.

Yang paling bahaya itu, seller yang jual produk Fake dengan harga mirip dengan produk aslinya, beda 10 20 ribu lah, produk Fake dengan kualitas KW1 yang super banget miripnya, sampai bener-bener harus disandingin sama produk aslinya dulu buat ngebandingin. Atau seller produk Fake yang suka ngasih harga coret karena ada promo di marketplace-nya, jadi terlihat seolah ini adalah produk ori yang lagi diskon gitu, kepincut gak? Seperti ada promo Shopee birthaday sale kemarin atau Shopee 12.12 yang lagi booming nih. Masa iya kamu nggak kepincut mau beli? Banyak diskon plus gratis ongkir say..

Berikut, beberapa tips yang selalu aku gunakan untuk memastikan produk kosmetik yang aku beli adalah produk original.

1. CEK IZIN EDAR BPOM
Apakah produk yang kamu beli sudah terdaftar di BPOM? Baik produk lokal maupun import idealnya harus lolos dan mendapatkan ijin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM ini. Satu level aman lah rasanya kalau produknya sudah mengantongi izin, setidaknya layak konsumsi walaupun ada kandungan pengawet, alkohol, dan sebagainya, karena memang nggak semua produk kosmetik menggunakan bahan alami kan. Tapi kamu nggak perlu takut bila sudah mengantongi izin BPOM karena tentu saja sudah lolos dari ambang batas normal. Jadi aman digunakan. Cek BPOM disini cekbpom.pom.go.id

Aku juga sering cek produk dari brand luar yang sering aku gunakan, seperti Etude House dan produk-produk COSRX. Untuk kosmetik luar seperti ini, memang belum semua terdaftar di BPOM, namun kamu bisa coba cek apakah ada logo atau simbol izin edar dari negaranya masing-masing, seperti (FDA) Food and Drug Administration milik Amerika, atau Ministry of Food and Drug Safety (sebelumnya KFDA) milik Korea, mereka ini seperti BPOM-nya Indonesia. 

Nah, berikut contoh capturenya. Ternyata Etude House sudah didaftarkan oleh PT. interkos Jaya Bhakti dan COSRX didaftarkan oleh PT. Social Bella Indonesia atau lebih dikenal Sociolla



Dan sebagai contoh, saat aku menemukan sebuah Lipcream dengan brand Pradasari, dulu tuh masih asing. Jangan-jangan KW-an nya Purbasari lagi? Karena harganya yang murah dan produknya beragam, aku pun beli. Tapi sebelumnya, tentu saja cek izin BPOM-nya. Ternyata aman, brandnya sudah berdiri sejak lama, hanya saja belum seterkenal brand pesaing. Produknya juga enak banget dipakai.

| Baca Juga : [Review and Swatch] Pradasari Long Lasting Lip Cream Matte


Btw, aku juga beli liptint etude kemarin seharga IDR 29,900 saja di Shopee. Kalian tau lah di counter resmi harganya berapa. Sebelumnya juga aku pernah beli di trusted seller seharga IDR 47,000 itupun udah lagi diskon. Di shopee bisa lebih murah plus gratis ongkir, dan udah star seller juga. Kepincutlah dan beli. Baca-baca komen konsumen lain sih tetep ada yang bilang itu fake, palsu, tapi dari 5 ribu sekian komen yang bilang gitu cuma sekitar 20 orang aja, sisanya yaa don't know sih antara oke aja atau nggak bisa bedain ori dan fake. Iya, ini produk udah terjual lebih dari 20 ribu pics, gila kan. Si seller juga berdalih kalau itu produk ori dengan membalas ulasan para pembeli yang bilang produknya palsu. Seller bilang "packaging-nya aja yang berubah, karena emang dari Etude Korea sana sis yang ngerubah kemasannya. Kalau gak ngerti barang gausah beli". Buyer bilang "kok dibibir pait, palsu nih", dan lain sebagainya. Biasalah, drama olshop.
Lah tapi, kalau kayak gini udah nggak bisa bandingin dari kemasannya donk, bedain ori dan fake-nya gimana?


2. CEK NOMOR BARCODE di UPCitemDB
UPC atau Universal Product Code yaitu pengkodean sebuah produk atas dasar informasi produk itu sendiri. Ya kalau kita sebutnya barcode atau kode batang, yang angkanya banyak terus gambarnya garis-garis itu loh. Di UPCitemdb terdapat lebih dari 200 juta kode unik yang telah didaftarkan, kamu bisa langsung masukkan kode barcode pada website www.upcitemdb.com kemudian enter (contoh nomor barcode liptint etude house difoto atas). Maka informasi produk itu akan muncul, termasuk asal negara, tanggal scan barcode, sampai warna shade-nya.


Alhamdulilah, produknya ada di database, artinya memang terdaftar. Aman lah yaa.

3. GUNAKAN APLIKASI QUICK RESPONSE (QR) SCANNER
Kalau tadi kita cek nomer barcode-nya, sekarang kita cek gambar barcodenya. Atau untuk beberapa produk yang telah menggunakan QR Code, kamu juga bisa langsung cek kode QR-nya, yang seperti gambar pixel pecah. Biasanya kode ini ada dikemasan luar atau box produk. Dan kamu harus instal dulu aplikasinya.
Cara ini lebih praktis sih karena bisa langsung scan dari HP.

image by google

Gimana? Langsung ikut cobain cek kosmetik kamu yah?
Wah ketauan nih belinya pas diskon, takut ketipu beli barang palsu juga yah? Hahaa..
Coba cek Aloevera-nya Nature Republic donk, kemarin di Shopee ada seller yang jual cuma 36 ribu genks, siapa tau ada yang beli. Pas banget soalnya aloeveraku abis. Cek nomor barcode-nya yah.

Semoga tipsku bisa membantu, jangan lupa share juga pengalaman kamu setelah coba tips ini. See you in another post!


With Love,

You May Also Like

1 Komentar

  1. pas bgt ni dg kejadian q beli nature republic murah tp jd ga berani pakai krn ragu asli atau gak krn di logo aloe vera nya titik2nya samar bgt beda dg yg di store resmi titik2nya jelas tp di scan barcode muncul infonya ttg nature republic.
    Gimana ya tu asli atau ga?

    ReplyDelete

Thank you so much for visited my blog. Don't forget to give some comment or suggest for me. It's can be motivating to write more post ♥